Menu Close

Ngomongin “Cashless Society”

artikel-2

Fenomena cashless society yang belakangan booming ini telah menciptakan generasi masyarakat tanpa uang tunai. Meningkatnya popularitas cashless society berpengaruh juga pada pertumbuhan jumlah transaksi online di Indonesia. Rp 4,7 triliun tembus dalam 3 hari pada pelaksanaan Harbolnas 2017, nilai transaksi ini naik Rp 1,4 triliun dibanding tahun 2016.

Cashless Society sendiri juga menjadi arahan dari Bank Indonesia langsung dalam menjawab tantangan transaksi untuk menghadapi era digital sebagai alternative transaksi yang cepat, aman & praktis. Bank Indonesia juga mengkampanyekan Gerakan Nasional Non Tunai(GNNT), hal ini diharapkan mampu membawa Indonesia masuk dalam pertumbuhan industri keuangan di era digital yang makin canggih & inovatif.

Semua hal ini juga tidak terlepas dari peranan Financial Technology(Fintech), sebuah solusi dari beragam transaksi keuangan berbasis digital. Implementasi Fintech sendiri sudah cukup banyak diketahui dan digunakan di Indonesia. Faktor utama larisnya penggunaan teknologi ini adalah “Praktis” & tersedianya beragam kebutuhan yang bisa diakomodasi, mulai dari urusan pribadi, bisnis hingga sosial.

Perkembangan Fintech juga dipengaruhi oleh perilaku konsumen online Indonesia yang membutuhkan kemudahan dalam melakukan hampir semua kegiatan harian melalui smartphone. Beberapa fungsi yang dibutuhkan seperti chatting, social media, m-banking, bisnis & lainnya. Dengan banyaknya pilihan benefit yang bisa didapatkan membuat konsumen menjadi semakin selektif dalam memilih aplikasi yang mereka gunakan, sehingga aplikasi yang bisa mencakup hampir semua kebutuhan tersebut cenderung menjadi primadona di Indonesia & menciptakan peluang bagi para pelaku Startup untuk bisa menjawab kebutuhan tersebut.

Salah satu Fintech karya anak bangsa adalah Netzme. Netzme merupakan Aplikasi yang menggabungkan antara media social, layanan berkirim pesan & pembayaran dengan visi utama untuk menyediakan platform pembayaran mobile bagi masyarakat unbanked yang dapat menjadi bagian dari aktivitas keseharian social media sekaligus membangun potensi kewirausahaan, hingga ke tingkat mikro dalam mendukung keuangan inklusif untuk Indonesia.

PT NKI juga telah mendapatkan persetujuan dari Bank Indonesia sebagai Penyelenggara Teknologi Finansial terdaftar di Bank Indonesia, dengan Surat No. 20/114/DKSP/Srt/B tanggal 29 Maret 2018. Juga terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik dengan Surat No. 00993/DJAI.PSE/07/2018 tanggal 6 Juli 2018 dan juga terdaftar sebagai Anggota Asosiasi Fintech Indonesia tanggal 14 Agustus 2018.

© 2018 PT NETZME KREASI INDONESIA. All rights reserved